Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Aplikasi

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Aplikasi

Cek saldo BPJS ketenagakerjaan  bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik itu dengan pergi langsung ke kantor BPJS; Online ke website BPJS; namun kita disini akan memakai jalur yang paling mudah yaitu dengan melalui aplikasi smartphone. Paling mudah karena kita hanya perlu hal yang biasa kita bawa setiap hari yakni handphone dan internet. Kemudian yang perlu teman ketahui, yang dicek saldo dari BPJS ketenagakerjaan atau jamsostek adalah saldo Jaminan Hari Tua (JHT) ya. Untuk jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, ada perhitungan persennya untuk kondisi tertentu. Sedangkan untuk jaminan pensiun, kita dapat memperkirakan jumlah uang bulan pertama yang kita dapatkan setelah pensiun berdasarkan simulasi yang kita lakukan melalui aplikasi ini.

Baik, kita mulai saja dengan mendaftar pada aplikasi  BPJS ketenagakerjaan:

  1. Download aplikasi “BPJSTK Mobile” di Playstore.
  2. Buka aplikasi, baca syarat & ketentuan, klik saya setuju dan klik next.
  3. Pada halaman login, silakan klik tulisan/link “daftar baru”.
  4. Pada halaman register email, masukkan alamat email aktif Anda dan klik selanjutnya.
  5. Pada halaman verifikasi email, masukkan 6 angka kode verifikasi yang telah dikirimkan ke email kita dan klik verifikasi untuk ke halaman selanjutnya atau kirim ulang bila email verifikasi tidak ada. Cek juga folder spam bila tidak ada di folder utama email kita.
  6. Pada halaman PIN Aplikasi, masukkan 6 angka PIN yang akan kita gunakan seterusnya untuk menggunakan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Silakan gunakan PIN yang mudah Anda ingat.
  7. Pada halaman Konfirmasi ke pesertaan, silakan pilih apakah kita telah memiliki nomor KPJ yang tertera pada kartu BPJS Ketenagakerjaan kita. Bila ada, silakan pilih “Ya, saya peserta”.
  8. Pada halaman nama lengkap, masukkan nama sesuai KTP dan klik “selanjutnya”.
  9. Pada halaman tanggal lahir, masukkan tanggal lahir sesuai KTP dan Klik “selanjutnya”
  10. Pada halaman Nomor KTP Elektronika, masukkan nomor KTP dan klik “selanjutnya”
  11. Pada halaman Nomor KPJ, masukkan nomor KPJ yang ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan dan klik “selanjutnya”.
  12. Pada halaman Nomor Handphone, masukkan nomor handphone yang masih aktif dan klik “selanjutnya”.
  13. Karena saya telah melakukan pendaftaran makan pendaftaran saya Cuma bisa sampai disini. Selebihnya teman-teman bisa ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk pendaftaran.

Bila teman-teman menemukan notifikasi “error koneksi, mohon periksa jaringan/koneksi data Anda”, silakan klik ok dan coba klik “selanjutnya” kembali. Bila menemukan notifikasi “NIK Anda telah terdaftar atas akun email ……………….., gunakan email tersebut untuk login”, maka itu artinya nomor BPJS teman-teman telah terdaftar dan silakan gunakan email tersebut untuk login. Apabila Anda lupa akun yang pernah terdaftar tersebut, pada halaman login klik tulisan/link “lupa akun” dan ikuti petunjuk yang ada.

cek saldo bpjs ketenagakerjaan

Ok, sekarang waktunya Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan:

  1. Masukkan email dan PIN yang Anda telah buat
  2. Di halaman “BPJSTK Mobile” ada 3 menu utama yang bisa dipilih yaitu: saldo jht; simulasi; dan informasi. Pilih saldo jht dan klik tulisan “cek saldo JHT”.
  3. Akan keluar notifikasi “masukkan pin Anda”, silakan masukkan dan klik masuk.
  4. Di halaman “Cek Saldo JHTP” ini teman-teman akan melihat kartu peserta BPJS dan informasi lainnya terkait saldo akhir hingga sekarang; tempat kerja; jumlah tenaga kerja; upah terakhir; iuran terakhir dan pembayaran iuran terakhir.
  5. Untuk melihat rincian saldo JHT, kita kembali dulu ke halaman pertama yaitu “BPJSTK Mobile” kemudian pilih klik tulisan/link “RIncian Saldo JHT.
  6. Sama akan keluar lagi notifikasi PIN, silakan masukkan dan klik masuk.
  7. Pada halaman “Rincian Saldo JHT” teman-teman hanya akan melihat pilihan nomor ke pesertaan dan dipaling bawah halaman ada tulisan “kirim copy ke email saya”. Klik tulisan yang dipaling bawah tersebut dan cek email Anda.
  8. Rincian akan dikirim ke email sebagai lampiran, yang mana untuk membukanya harus memasukkan tanggal lahir dengan format dd/mm/yyyy (cth:17081945 hari kemerdekaan).
  9. Rincian yang ada lihat adalah rincian pemasukan dan perkembangan saldo jht serta informasi pemasukan jaminan pensiun pada tahun sebelumnya. Jadi kalau saya cek sekarang tgl 2/12/207 maka yang keluar rincian adalah untuk tahun 2016.

Memang untuk pendaftaran agak banyak informasi yang perlu dimasukkan, tapi setelah itu cukup beberapa klik saja kita sudah bisa dengan cepat dan mudah melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Aplikasi. Post by: Dhony Pratama | 4.5
Tags:, , , , , ,

Categories: Cara Terbaru, Software Terbaik, Software Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*