Keunggulan Manfaat Teh Hitam

Keunggulan Manfaat Teh Hitam

Manfaat teh hitam sudah sangat lama didapatkan oleh orang yang favorit meminumnya. Manfaat olahan teh secara umum baik yang hitam maupun hijau sudah dipercaya masyarakat, disamping digemari karena rasa serta wewangian khas menyegarkan yang ditimbulkannya.

 

Tanaman Teh

Dalam bahasa latin tanaman teh disebut dengan nama Camila Sinesis. Tanaman ini secara umum bisa digolongkan jadi dua jenis, yaitu teh hitam dan teh hijau. Secara geografis pengembangan tanaman teh hijau lebih banyak di negara korea, jepang dan cina. Sedangkan Β tanaman teh hitam lebih banyak pembudidayaannya di negara Indonesia, Srilanka, Kenya dan India.

Seorang peneliti madya di Pusat Penelitian Kina & Teh Gambung, Dadan Rohdiana, menjelaskan bahwa anggapan masyarakat sekarang adalah teh hijau sbg minuman kesehatan memiliki keunggulan yang lebih dibanding teh hitam. Padahal nyatanya masih banyak juga orang yang belum mengetahui cara membedakan kedua jenis tanaman teh ini.

Berdasar penjelasan peneliti tersebut, dijelaskan pula bahwa dari segi aroma wangi teh hijau lebih khas jika dibanding dengan teh hitam. Hal tersebut disebakan karena asam amino yang terkandung didalam teh hijau itu lebih tinggi ketimbang teh hitam. Sebaliknya rasa sepat pada jenis teh hitam itu lebih terasa dibandingkan memimun jenis teh hijau. Sebabnya karena teh hitam mengandung polifenol yang jauh lebih tinggi dibandingkan teh hijau.

manfaat teh hitam

Manfaat Teh Hitam Vs Teh Hijau

Nah dari perbedaan kelebihan kandungan dari setiap jenis teh tersebut, kita akan menganalisa apakah benar bahwa teh hijau itu jauh lebih baik sebagai minuman kesehatan daripada teh hitam. Masih berdasar penjelasan peneliti dari gambung itu, kandungan dari teh yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan adalah polifenol. Polifenol inilah yang utamanya menyediakan cathechin / katekin, yaitu jenis dari flavonoid yg bersumber dari teh. Dari sini kita bisa membuat kesimpulan awal bahwa teh hitam yang memiliki kandungan polifenol lebih tinggi dari teh hijau, membuatnya lebih unggul kan.

Selain dilihat dari kandungannya, proses pengolahan dari teh hitam sendiri juga memiliki keunggulan dibanding teh hijau. Pada pengolahan teh hitam, sejumlah katekin yg mengalami proses oksidasi akan berubah jadi thearubigin dan theaflavin. Insulin didalam tubuh yang berfungsi sebagai pengatur metabolisme karbohidrat bisa ditiru fungsinya oleh kedua senyawa dari hasil pengalahan tersebut. Berbeda dengan teh hijau, kedua senyawa itu tidak akan terbentuk pada karena proses pengolahannya tak mungkin terjadi oksidasi.

Bisa dibilang kalau kita minum teh hitam artinya sudah minum teh hijau, begitupun sebaliknya. Kalau sudah begini kita patut berbesar hati, karena Negara Indonesia adalah penghasil tanaman teh hitam terbesar kelima di seluruh dunia. Sudahkan anda minum dan mendapatkan manfaat teh hitam hari ini πŸ™‚

Keunggulan Manfaat Teh Hitam. Post by: Dhony Pratama | 4.5
Tags:, ,

Categories: Berita Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*