Lindungi Buah Hati Anda Dari Penyakit Jantung

Lindungi Buah Hati Anda Dari Penyakit Jantung

Panyakit Jantung Bawaan – Melihat buah hati tumbuh sehat dan menjadi sukses adalah impian semua orangtua. Banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk melindungi anaknya dari berbagai penyakit terutama penyakit kronis seperti penyakit jantung, penyakit hepatitis dan penyakit menular lainnya juga. Kali ini saya akan mambahas kiat kiat bagi anda untuk melindungi buah hati dari penyakit jantung.

Penyakit jantung yang dialami anak kecil biasa disebut juga PJB atau penyakit jantung bawaan. Ini merupakan penyakit yang diwariskan dari orang tua si anak selain itu bisa juga disebabkan oleh infeksi yang terjadi ketika sang ibu mengkonsumsi obat yang mengandung rubella, alkohol dan juga zat yang beracun lainnya. Oleh karena itu selama masa mengandung sering-seringlah berkonsultasi ke dokter kandungan mengenai apa yang boleh dikonsumsi dan apa yang tidak boleh.

Penyakit jantung bawaan terjadi kira kira setiap 100 bayi yang lahir terdapat 1 bayi menderita penyakit jantung bawaan. Di Indonesia sendiri dengan angka kelahirannya yang 4.500.000 anak tiap tahun, maka kalau begitu ada sekitar 45.000 balita lahir dengan penyakit jantung bawaan. Tentu hal ini menjadikan kekhawatiran bagi tiap orang tua di Indonesia. Namun ternyata penyakit ini ada penyebab dan cara pencegahannya, berikut ulasannya:

Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Cara Melindungi Buah Hati Dari Penyakit Jantung:

  • Selama mengandung perhatikan apa yang tidak boleh dikonsumsi

Ini sangat penting untuk menjaga apa saja yang boleh dikonsumsi selama hamil. Karena nutrisi yang masuk kedalam tubuh juga sangat dibutuhkan oleh si bayi. Jika anda mengkonsumsi makanan yang tidak sehat tentu bayi anda juga akan mendapat nutrisi yang kurang juga.

  • Selalu konsultasi dengan dokter untuk diberi saran pencegahan yang tepat

Konsultasi dengan ahlinya sangat penting untuk tetap mengerti kondisi bayi yang sedang dikandung. Berkonsultasi pada dokter yang tepat secara rutin adalah tindakan antisipasi yang baik untuk menghindarkan anak dari berbagai penyakit kronis. Ingatlah ini demi buah hati anda.

  • Bila divonis anak anda mengalami PJB segera tangani

Biasanya pengobatannya dengan Pembedahan, ini adalah langkah terakhir melindungi anak anda. Segera lakukan tindakan cepat tentunya dengan instruksi dari dokter untuk menpercepat proses penyembuhan yang biasanya dilakukan

Gejala PJB pada anak:

  • Badan si bayi berwarna biru
  • Sesak Nafas

ini adalah ciri umum dari PJB . PJB sendiri memiliki berbagai jenis namun ciri utama biasanya 2 diatas tadi. Jika terjadi 2 gejala diatas segera konsulitasi dan ambil tindakan cepat untuk mengatasi penyakit jantung bawaan.

Tapi bagi orang tua yang ingin penyembuhan tanpa pembedahan sekarang sudah ditemukan teknologi terbaru untuk melakukan hal itu. Teknologi PDA yang merupakan singkatan dari Patent Ductus Anterious, dimana teknologi ini dapat menghubungkan aorta dengan pembuluh paru dengan alat yang dinamakan Duct Occlude (ADO).

Selain menggunakan ADO cara pengobatan alterfnatif lainnya yaitu Ballon atrial septostomy (BAS). Pengobatan ini dilakukan dengan memasang stent pada ductus anterious.

Selain 2 cara diatas ada juga cara yang mengkombinasikan bedah dan non bedah.

Yang menjadikan pertimbangan tersendiri ialah bahwa pengobatan non bedah biasanya sedikit lebih mahal daripada pengobatan dengan pembedahan. Tapi pengobatan dengan pembedahan maupun non pembedahan terhadap penyakit jantung ini, memberikan kemungkinan berhasilnya sama sama besar.

Lindungi Buah Hati Anda Dari Penyakit Jantung. Post by: Dhony Pratama | 4.5
Tags:, , , ,

Categories: Ilmu Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*