Membuat File PDF

Membuat File PDF

Membuat File PDF sekarang sangat mudah, cukup dengan tiga langkah maka PDF File sudah siap digunakan. Tool utama yang kita pakai pun pada umumnya sudah kita miliki semua, jadi tidak perlu lagi mendownload hingga ratusan megabyet untuk sebuah software pembuat PDF. Software yang kita gunakan itu ialah Microsoft Word. Benerkan di kompi sobat udah ada perangkat lunak itu. Rata-rata sih pada make Office 2007 kan. Akan lebih baik lagi kalo sobat sudah make Office 2010 keatas. Kenapa? Karena untuk Office 2010 keatas ngga perlu lagi tambahan apapun, sedangkan untuk Office 2007 perlu ditambah sedikit aplikasi yang sangat ringan.

 

Membuat File PDF dari Word 2007

Ok, kita dulukan dulu settingan buat yang punya Office 2007 ya. Yang perlu dilakukan hanyalah menginstall add-in resmi dari microsoft yaitu “Microsoft Save as PDF”. Downloadnya melalui link: http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=9943 . Ukuran file nya tidak sampe 1 Mb, tepatnya hanya 915 KB saja. Ringan sekali bukan. Nah kalau sudah sampe dihalaman downloadnya, tidak perlu utak atik yang disana termasuk bahasanya. Bahasa Indonesia ngga ada sobat, jd langsung klik tombol “DOWNLOAD” nya saja.

Kalau sudah didownload, filenya akan tersimpan sebagai “SaveAsPDF.exe”. Klik dua kali file ini hingga terbuka windows setup untuk menginstal add in tersebut ke Microsoft Word 2007. Cukup ikuti langkah selanjutnya hingga instalasi selesai. Bila sudah maka Word 2007 kita sudah terinstal aplikasi untuk mengkonversi file word ke format PDF. Selanjutnya bagaimana membuat file PDF, sama dengan langkah pada Word 2010 keatas.

Membuat file PDF

Membuat File PDF dgn Word 2010 atau 2013 keatas

Berbeda dengan Microsoft Office 2007, pada Word 2010; dan 2013; tidak memerlukan tambahan Add-in apapun untuk mengkonversi format word ke PDF. Seperti yang saya bilang sebelumnya, cukup tiga langkah untuk membuat file PDF; yaitu:

  1. Buatlah tulisan sebagaimana biasanya di MS Office Word 2007; 2010; maupun 2013.
  2. Klik ribbon button / tab file diatas kiri program MS Word anda, dan sorot / klik pada bagian “save-as” / “save & send”.
  3. Terakhir klik “PDF or XPS” atau “Creat PDF / XPS Document” ; dan pilih tempat penyimpanan yang sobat inginkan.

Sudah deh, file PDF nya sudah jadi dibuat. Gampang kan.  Moga artikel  membuat file PDF ini bermanfaat ya. Terimakasih sudah membaca.

Membuat File PDF. Post by: Dhony Pratama | 4.5

Categories: Cara Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*