Penyebab Penyakit Ginjal

Penyebab Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal – Ginjal merupakan organ yang membantu manusia untuk melakukan proses ekskresi atau pembuangan zat zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh lagi. Melihat kegunaan ginjal yang sangat vital ini tentu kita harus menjaga kesehatannya agar proses pengeluaran dapat berjalan dengan baik. Namun bagaimana menjaga kesehatan ginjal? Temukan jawabannya dengan memahami penyebab penyebab penyakit ginjal.

Banyak faktor yang bisa membuat kita terkena penyakit ginjal ini. Oleh karena itu kita harus selau waspada dan menjaga pola hidup sehat. Karena dengan pola hidup sehat tentu saja kesehatan ginjal akan lebih terjaga.

Penyebab Penyakit Ginjal

  1. Jarang Minum Air

    Jarang mengkonsumsi air menyebabkan penyakit ginajl merupakan fakta yang sudah jelas. Air putih dapat melancarkan proses ekskresi dan membantu kinerja ginjal. Dengan banyak mengkonsumsi air putih membuat proses eksresi dalam tubuh berjalan dengan lancar.

  2. Meminum Obat Dosis Tinggi

    Dikutip dari Huffington Post yang menyatakan kalau saja penyakit ginjal dapat disebabkan oleh penggunaan obat pereda nyeri secara berlebihan. Bahkan diperkirakan 1-3 persen kasus gagal ginal disebabkan oleh penggunaan obat pereda nyeri jangka panjang dengan dosis yang berlebihan.

  3. Merokok

    Merokok juga ternyata memiliki dampak buruk terhadap terhadap kesehatan ginjal kita. Selain itu penelitan menunjukan kalau rokok juga menyebabkan urine mengandung protein. Rokok jua mempertinggi kemungkinan terkena penyakit seperti penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi sehingga memperburuk keadaan ginjal

    Penyakit Ginjal

  4. Kebanyakan Mengkonsumsi Garam

    Garam sudah menjadi bumbu dapur yang tiap hari dikonsumsi. Namun tahukah anda kalau dengan mengkonsumsi garam secara berlebih dapat meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi. Dan tentunya tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan fungsi ginjal.

  5. Diabetes

    Diabetes menjadi salah satu penyebab penyakit ginjal. Diabetes yang merupakan penyakit dengan tingginya kadar gula dalam darah membuat kerja ginjal semakin berat. Jika berlangsung lama kondisi ini akan menyebabkan kerusakan fungsi ginjal

  6. Keturunan

    Faktor keturunan bisa juga menjadi penyebab penyakit ginjal. Jika orang tua terkena penyakit ini maka diperkirakan anaknya memiliki resiko terkena penyakit yang sama 6x labih besar dari orang lain.

  7. Pola Hidup Tak Sehat

    Pola hidup tak sehat menjadi salah satu penyebab utama penyakit ginjal. Pola hidup yang mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan juga jarang berolahraga memperbesar kemungkinan seseorang terkena penyakit ginjal. Konsultasi dan check up berkala adalah saran saya untuk menghindari penyakit ginjal karena pola hidup kita.

  8. Hypercalciuria

    Kondisi ini dimana seseorang menyerap kalsium dalam jumlah yang cukup besar dari makanan sehingga masuk kedalam urine. Jika proses eksresi berjalan lambat dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal batu yang terbentuk biasanya kalsium fosfat atau kalsium oksalat.

Setelah 8 ulasan singkat diatas tentang penyebab penyakit ginjal diharapkan pembaca mengubah pola hidup yang kurang sehat menjadi lebih baik lagi agar tehindar dari penyakit ginjal.

Penyebab Penyakit Ginjal. Post by: Dhony Pratama | 4.5
Tags:

Categories: Ilmu Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*