Perpanjangan STNK | Informasi Terbaik & Terbaru

Perpanjangan STNK

Walau sudah lama saya membayar STNK dengan datang sendiri ke Kantor Satuan Administrai Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Samarinda, tapi baru kali ini saya merasakan kepuasan atas pelayanan perpanjangan STNK ini. Karena berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang terkesan masih agak ribet dengan banyaknya formulir yang harus diisi, serta waktu tunggu yang dirasa masih lama, sekarang semua itu tinggal kenangan semata.

Kenyamanan yang saya dapatkan, ternyata juga dirasakan oleh semua orang mengurus perpanjangan stnk motor ataupun mobil di Samsat Samarinda. Sayapun juga menemukan testimoni yang mengunkapkan rasa kepuasannya sebagai orang yang pertama kali perpanjang STNK di tempat yang sama. Testimoni tersebut ditulis dalam blognya yang beralamat, klik disini. Kalo begini terus keadaanya, seharusnya tidak perlu yang namanya ke biro jasa STNK ataupun pake jasa calo.

Jadi, ceritanya kemarin awal bulan November ini saya ke Samsat dengan tujuan untuk perpanjang stnk . Yah, selagi masih ada uang dan belum tentu disaat lain mempunyai waktu. Ketika saya sampai sekitar jam 11.10, saya heran kenapa hanya sedikit orang yang mengurus hari itu. Sambil menuju ke loket pertama, dan menyerahkan foto kopi stnk; ktp; serta bkpb; saya melihat sekeliling ruangan masih dengan ekspresi heran. Oh iya, jangan lupa buka dulu plastic pembungkus stnk aslinya ya. Karena saya lihat banyak yang memberikannya bersama stnk asli, padahal tidak perlu diberikan dan harganya lumayan kalo beli.

Loket Perpanjangan STNK

Loket Perpanjangan STNK

Setelah saya diberi formulir isian di loket pertama tersebut, baru saya mengerti bahwa ada perubahan dalam pengurusan stnk kali ini. Formulir isian tersebut tidak sama dengan formulir yang harus diisi tahun lalu. Ukurannya lebih kecil dan yang harus diisipun hanya beberapa kalimat. Ini tentu mengurangi pertanyaan dan kesalahan pada saat pengisian formulir. Yang tentu saja mengurangi waktu tunggu pula.

Formulir Perpanjangan STNK

Formulir Perpanjangan STNK

Foto tersebut adalah contoh formulir isian yang ditempelkan di meja tulis. Rupanya banyak juga yang pulpennya macet. Gimana? Sangat simpelkan formulirnya. Yang perlu diisi hanya yang bagian kiri, yaitu nama; alamat; no plat; tanggal; dan tandatangan.  Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, jauh banget.

Tidak menunggu lama setelah mengisi formulir itu, sayapun menuju loket kedua. Dimana diloket kedua ini, saya diberikan nomor antrian dan dipersilahkan ke ruang tunggu. Seperti yang tertera dalam gambar, nomor antrian saya adalah 90. Wah, ternyata sudah banyak juga yang mengurus sebelum saya.

Antrian Perpanjangan STNK

Antrian Perpanjangan STNK

Sayapun duduk diruang tunggu yang sangat lenggang, karena bila dihitung hanya 7 orang saja yang sedang mengantri untuk memperpanjang stnk. Sambil menunggu, saya foto aja contoh formulir; loket-loketnya; dan nomor antriannya. Selesai memfoto, saya kembali duduk dan menonton tv. Karena waktu itu sedang berita tentang merapi, akhirnya terbawa obrolan juga dengan Bapak yang duduk dibaris sebelah saya. Katanya, beliau pernah melihat di tv kalau dibawah tanah itu ada jalur lava yang menghubungkan seluruh gunung berapi didunia. Entah, benar atau tidak. He..eh aja.

Loket Bayar Perpanjangan STNK

Loket Bayar Perpanjangan STNK

Singkat kata, nomor antrian saya dipanggil ke loket pembayaran biaya perpanjangan stnk. Saya tidak tahu bagaimana cara penghitungan pajak stnk, yang jelas biaya perpanjangan stnk saya kali ini lebih murah dari tahun sebelumnya. Sekedar informasi, biaya perpanjang stnk yang harus kita bayarkan sama dengan jumlah pembayaran yang tertulis di STNK lama kita ini. Sip dah, sisanya bisa untuk beli bensin. Struk saya dapatkan dari setelah membayar di loket pembayaran perpanjangan stnk tadi. Sekarang saya hanya tinggal menunggu proses akhir, sambil nonton dan ngerumpi soal merapi lagi. Tidak lupa saya foto juga struknya.

Struk Biaya Perpanjangan STNK

Struk Biaya Perpanjangan STNK

Tidak berapa lama, nomor 90 dan 91 pun terdengar dipanggil ke loket penyerahan stnk. Saya serahkan nomor antrian, dan dapatlah saya stnk baru yang telah diperpanjang. Bagaimana, mudah kan mengurus perpanjangan stnk sendiri. Ga sampai 10 menit, dan tanpa ada pungutan liar. Insya Allah, tahun depan saya ingin menyoba bayar yang di Mall SCP karena buka sampai malam, di mobil stnk keliling, lewat atm, drive thru, atau cara inovasi lainnya. Kalo cara online perpanjang stnk-nya bisa ngga ya?

Perpanjangan STNK. Post by: Dhony Pratama | 4.5
Tags:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Categories: Pengalaman Terbaru

14 Comments
  1. 1 year ago
    agus supriyanto

    kalau ktp saya masih dalam proses gimana pak cara saya membayar pajak,mohon info nya…..makasihm

    Reply
    • 1 year ago
      Dhony Pratama

      coba perpanjang di mobil sim/stnk keliling atau di samsat drive thru, biasanya syarat-syarat seperti ktp tidak diminta.
      tapi kalau ada surat keterangan ktp masih dalam proses, itu lebih baik.

      Reply
  2. 2 years ago
    riyadi

    kalo perpanjang stnk n plat nomer (KT Motor) itu gimana prosedurnya gan? sudah jatuh tempo

    Reply
    • 2 years ago
      Dhony Pratama

      Pada dasarnya dari awal sama prosedurnya, cuman diakhir proses setelah menerima STNK akan diberitahu petugas untuk menunggu plat kendaraan selesai. Pengalaman saya tidak sampai 30 menit pembuatannya.

      Reply
  3. 2 years ago
    edi

    Apa bisa perpanjang.STNK..tanpa ada BPKB..( hilang ) kalau tdk bisa alasannya apa.?? apa bisa sy menyewa kendaraan orang lain dan sy bayar pajaknya ???
    MENURUT SAYA KNAPA ORANG BAYAR PAAK..KESANNYA malah di persulit..

    Reply
    • 2 years ago
      Dhony Pratama

      dicoba saja, karena saya sering bayar pajak stnk tanpa ditanya bpkbnya.

      Reply
  4. 5 years ago
    eko

    pak…mohon ijin…klo mau memperpanjang STNK Mobil Plat Jakarta bs tdk di Samsat Online?mksh

    Reply
    • 5 years ago
      Dhony1st

      Maksudnya mau perpanjang STNK plat jakarta di samsat coner ya dgn sistem online ya.
      kalau masih di daerah jakarta sih bisa, tapi kalau mau di beda daearah agak susah.
      Harus bawa surat mutasi.
      trims balik.

      Reply
  5. 5 years ago
    Fanan

    tahun ini ane mau coba sendiri ahh perpanjang pajak mobil wilayah jakarta, selama ini sih diurus biro jasa…

    Reply
  6. 5 years ago
    susan

    berapa kira” biaya perpanjang stnk untuk pembayaran tahun kedua,,,???

    Reply
    • 5 years ago
      Dhony1st

      kalo biaya sih kurang lebih yang tertulis di stnk masing-masing punya kita.
      Coba dah lihat lembar keduanya, sebab setiap jenis motor pajaknya berbeda.
      Tapi baik tahun 1, ke dua, ke 3, dst, saya kira kurang lebih sedikit saja.

      Reply
  7. 6 years ago
    Muhamad Saifullah

    Alamat Web perpanjanagn STNK ada nggak? klow ada kirim ke imelku za….thanks….

    Reply
    • 6 years ago
      Dhony1st

      Ini nanya alamat web untuk perpanjang STNK biar bisa lewat internet aja ngurusnya ya bro. 🙂
      Dulu saya sempat berpikiran demikian juga. Tapi sebenarnya yang namanya perpanjang stnk secara online itu adalah systemnya.
      Jadi system perpanjang di kantor jl kantor pusat, mobil sim keliling, ataupun gerai samsat yang di mall itu systemnya tersambung secara online.
      Ngga kaya dulu yang hanya bisa dilakukan di satu tempat saja.
      Moga maksudnya benar ya.
      trims dah mampir.

      Reply
  8. 6 years ago
    Dhony1st

    Bentar lagi bayar perpanjangan stnk nih. Nyoba di mall aja ah.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*